Selasa, 15 Januari 2013

The 19th Tri University Joint Seminar and Symposium

Tetiba (bahasa Aulia banget) aku inget sama my last international event in 2012 gara-gara baca blognya Ninggar. Acara ini dilaksanakan tanggal 21-26 Oktober 2012 TAAAPIII persiapannya booo dari Maret-detik terakhir menjelang 21 Oktober itu. #fiiiuhhh..

Pas Bu Endah ngabarin tentang Tri-U dan ngejelasin apa sih Tri-U itu, apa yang bakalan dilakukan selama Tri-U, siapa saja yang boleh ikutan, apa saja yang harus dikerjakan untuk melaksanakan event ini. Dari situ, aku memang memutuskan untuk ikutan Tri-U. Kapan lagi coba, ikutan kegiatan internasional tanpa ngeluarin duit sama sekali? Secara ini taun terakhir aku di IPB. Tapi kegalauan muncul pas Bu Endah bilang, "Syarat menjadi delegasi IPB untuk Tri_u adalah belum lulus, belum lulus dalam artian bagi mahasiswa tingkat akhir boleh sidang tapi belum dibolehkan untuk wisuda." Aku yang rencana awal pengennya wisuda bulan September jadinya memutuskan untuk terus berperan aktif di Tri-U tapi hanya sekedar jadi volunteer atau relawan, panitia mahasiswa.

Oke, seleksi jadi volunteer sudah and I have passed the selection successfully on the middle of March 2012 but there were no more information or something to do until June 2012. Untuk sementara kerjaan para volunteer hanya berjaga di sekret, nerima email masuk, mbalesin email masuk, dan mulai mempersiapkan hal-hal lain untuk Tri-U. Alhamdulillah dari kegiatan ini aku dapat banyak hal; tambahan teman dari berbagai fakultas baik seangkatan ataupun adek kelas, dari kakak-kakak yang di ditmawa, dosen-dosen yang sering juga nongkrong di sekret kalo lagi ada kerjaan bareng, ngepoin orang-orang yang ngirimin email ke email Tri-U, debat sana debat sini tapi kebanyakan ketawa-ketiwinya dibandingin sama ngotot-ngototannya. Kegiatan ini dibarengin dengan penelitian dan ngerjain PKM.

Tiba-tiba, arus berubah saudara-saudara. Hahaha. Pas liburan lebaran, dosen pembimbing PKM aku, Bu Lenny nelpon dan nyuruh aku nggantiiin si Igoy buat ikutan Tri-U so aku harus bikin paper dalam waktu sehari dan langsung dikirim ke ibu dan itu artinya harus cepet balik ke Bogor, oh my... :|
Oke, setelah itu aku resmi gabung sama tim delegasi Tri-U dari IPB. Latihan presentasi minimal 3 kali di depan Bu Endah dan teman-teman lainnya. Alhamdulillah banyak banget bantuan yang mereka beri buat kemajuan aku dalam presentasi. Ini bukan hal yang gampang, mempresentasikan sesuatu dalam bahasa Inggris di depan orang banyak. Meskipun ini bukan kali pertama aku ngomong di depan orang banyak dalam bahasa Inggris, tapi ini pertama kalinya aku presentasi sekaligus jawab pertanyaan dari orang-orang luar dalam bahasa Inggris.

Meskipun status kita (para delegasi) adalah delegasi IPB, tapi aku tetap jadi volunteer juga. Kita yang merangkap jabatan macem gitu diserahin tugas untuk bantu-bantu di sekretariat. Selain karena kita memang sudah ngerti banyak perjalanan persiapan Tri-U ke-19 ini, kita juga bakal off per 21 Oktober 2012 dan fokus ke delegasi aja. Tapi sayangnya, aku sempat sakit typus 2 minggu sebelum Tri-U dan harus bedrest selama seminggu. Okeee, daripada g ikutan Tri-U mending nurut deh sama dokternya, toh juga sudah dapat ijin dari Bu Endah. Hehehe.

Kita mulai masuk hotel tanggal 21 Oktober jam 2 siang. Sekamar sama Ninggar. Kegiatannya selama hampir seminggu ini adalah:
  • Day 0 - October 21st
    Cocktail party di rumah makan di daerah sentul gitu. Duduk sama dosen Chiang Rai University yang damn banget dia masih muda banget dan mukanya lumayan cakep! Wkwkwkwk. Dia nanya tentang jumlah populasi di Bogor gara-gara dia lihat macet sepanjang perjalanan. Hahaha. Teu ngarti pak, hepunten nya. :P Joget bareng pas para alumni Tri-U nyanyi. Tukeran kartu nama. Duduk semeja sama temen-temen dari Jiangsu Univ Cina. Tengah malemnya anak-anak delegasi Indonesia ngumpul di kamar Dito buat latihan presentasi.
    Perkenalan para ketua delegasi
    (ki-ka : Mie JPG, IPB, Jiangsu Cina, Ibaraki JPG Adelaide AUS,  Chiang Rai ,
    Chiang Mai, Suranaree THAI)
  • Day 1st - October 22nd
    Dijemput jam 7 pagi dari hotel naik bis IPB yang ternyata ada juga yang oke. Hahaha. Opening ceremony, photo session, ceramah di Andi Hakim Nasution dan siangnya langsung dimulai parallel session untuk presentasi peserta di CCR juga pembagian kelompok workshop. Malemnya ada opening party di IICC. Nari dongs kita para delegasi IPB di situ yang akhirnya nyaris semua peserta ngikutin. Hahaha. Rame :D. Tengah malem lagi ngumpul di kamar Dito buat latihan presentasi. *hoooamm
    Bareng Farah dan Jihah dari UPM, kak Echa IPB
    Indonesian delegation
    Photo session
    Prof. Ito, founder of Tri U
    Jadwal presentasi delegasi Indonesia
    Opening party
  • Day 2nd - October 23th
    Dijemput lagi jam 7. Langsung dihantam sama campuss tour ke kandang Fapet-rumah sakit hewan FKH dan kelompok lainnya ke Seafast-Lab. lapang Leuwikopo. Habis itu langsung dilanjut sama kumpul workshop, trus beres makan siang kita ada parallel session. Aku dan Ninggar yang hanya dua-duanya (mahasiswa IPB) masuk ke bidang energi harus stay  di ruang C untuk nonton Bu Endah presentasi. Lainnya yang lagi g presentasi disebar ke 4 ruang lain untuk saling ngedukung temen-temen IPB yang lagi presentasi. Hahaha. Kompaknyaaaaa... Malemnya kita ada cultural night di CCR. Disini IPB nampilin kesenian daerah Indonesia ke para tamu-tamu asing. Dan wow dapat sambutan yang wuah banget dari mereka. Malam ini libur latihannya. Hahaha
    Foto bareng habis coffe break
Selingan latihan presentasi :D
Day 3th - October 24th
  • Hari ini sedikit beda. Kita ada jalan-jalan ke Taman Buah Mekarsari dan TMII. Malemnya kita para mahasiswanya dikelompok-kelompokin terus diturunin di daerah Taman Kencana, dikasih duit dan disuruh makan di luar, social dinner istilahnya. Hahaha. Aku yang sekelompok sama Talitha (volunteer pendamping kami yang jago banget bahasa Jepangnya), Shoko Izumi, Shogo Kakkisaka, Yutaka Jin, Mituo Makino dan Takuma Fuuji yang semuanya anak-anak Mie Univ makan di Kedai Kita. Anak-anak Jepang itu pada dasarnya rame-rame. Mereka yang g suka pedes eh malah bikin challenge gitu nggigit cabe, makan sambel banyak-banyak sampe mukanya merah tapi masih tetep keukeuh buat makan. Dan malah nambah beli lagi sambel pas diajak ke Giant. Ckckck. Dan tetp, malemnya ngumpul di kamar Dito buat latihan presentasi. Hiks..
    High jump!!!
    Titanic in TMII :D
    Sama dosen dari Cina *baik deh bapaknya, beda sama yg lain, hehe
    Anak-anak Jiangsu Univ
      Welcome sir :D
      Traditional House of Situbondo
      Gelo, main upacara2an di bawah tatapan para anak-anak Cina :P
      Foto bareng Prof Ito
      Social dinner : me, Hang Dao, Shogo, Takuma
    • Day 4th - October 25th
      The last day of the 19th Tri-U!!
       Hari ini jadwal aku presentasi. Ninggar, Dito, Fardil , Dissil juga dapat jadwal presentasi hari terakhir. G suka sih sama jadwalnya. Orang sudah seneng-seneng jalan-jalan eh besoknya masih harus mikir >.<! Presentasi kali ini agak beda dengan hari-hari sebelumnya. Kita tempatnya full di IICC. Tapi alhamdulillah presentasi kami lancar. Hahaha. Fiuhh. Habis itu ada kumpul buat our last preparation for the workshop project. Dan alhamdulillah kelompok aku dapat award The Clearest Idea!!! Keren guys! ^_^. Habis presentasi di workshop, kita siap-siap buat closing ceremony dan  closing party. Dandan buat nari merak, saman dan pendet.
      When Fantastic 4 was presented their project
      My presentation
      We are the WINNER!!!
      With my best friend, May from Suranaree University
      Sama Bu Endah
      Ninggarrrrrrrrrrrrr :D
      Full team
    • Day + - October 26th
      Sebenarnya hari itu adalah hari Idul Adha. Berhubung pada kecapean malemnya, kita pada bablas bangun. Tapi alhamdulillah aku dan Ninggar, bisa ikutan solat Id di masjid dekat hotel meskipun g begitu kerasa feel Idul Adhanya. Hahaha. Siang jam 12an, kita kelaperan, makan bareng ke Pizza Hut dekat situ dan pulang bareng! XD
      Hasil tukeran suvenir

    5 komentar:

    1. seru banget..huuu..aaa..sudah gaga pernah ngomong inggris, besok ngadepin bule pula,,gile bhek,,kemarin mimpin diskusi dgn bule itu dan aku cm blh "yes".."no"...aaakkk

      BalasHapus
    2. hahaha, goodluck kakak!! pasti bisa lah. sambung-sambungin sama bahasa tarzan aja kak. hehe. aku juga ngomong belepotan abis. campuran inggris-jepang-indonesia-tarzan-tubuh yang penting ngerti. wkwkwkwk

      BalasHapus
    3. keren banget kak.. btw ajarin dooong.. lagi prepare nih buat tri-u 20th.. mau dong tips n tricknya :D

      BalasHapus
    4. wahh, goodluck! tips trik apa nih? nanti juga bakal ada pembinaan dari bu endah langsung. jangan khawatir :D

      BalasHapus
    5. Waaaaaaw...
      Jadi semakin bersemangat untuk persiapan Tri-U :)
      Doakan tim IPB utk Tri U yg ke-21 yah :)
      Kali ini di Thailand :)

      BalasHapus

    ...

    Makasi sudah mau membaca..^^