Sabtu, 12 Januari 2013

PIMNAS XXVI UM Yogyakarta

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah menurunkan nikmatnya kepada hambanya yang berusaha dengan sungguh-sungguh..

Cerita ini berawal ketika kakak kelas TEP 44 "menghibahkan" hasil tugas akhir mata kuliah Rancangan Mesin-nya untuk dijadikan proposal PKM-T. Kami yang sedang getol-getolnya bikin proposal PKM, seneng banget. Apalgi setelah dilihat bidang yang cocok dengan materinya adalah penerapan teknologi, harapan untuk bisa didanai semakin besar. Waktu itu, menjadi salah satu juara di PIMNAS belum pernah terlintas di pikiran kami. Kami coba masukkan proposal itu hanya dengan harapan bisa didanai dan mencoba peruntungan sekaliagus mencari pengalaman lebih selagi masih mahasiswa.

Pengerjaan proposal ini bener-bener mepet. Lupa sih seberapa mepet, yang jelas waktu itu hari Jumat. Kita yang awalnya nyoba masukin proposal PKM-GT sempat konsultasi ke Bu Lenny tentang PKM-T ini, dan ternyata beliau mendukung banget kita masukin proposal PKM-T juga. Yasudah, jam 10.30 konsultasi, beres itu langsung kabur ke korfat buat ngerjain, jam 11.30 ditinggal Jumatan sama cowok-cowok (waktu itu Ina masih belum gabung secara sempurna,orang kita asal nyomot nama, hehe), jam 12 konsultasi ke Bu Lenny, disuruh ngerevisi, jam 12.30 balik lagi ke Bu Lenny dan akhirnya di acc. Pas cowok-cowok dateng lagi, proposal udah lumayan siap cetak. Nah masalahnya ada pada penjilidannya. Kalo g salah (lagi), Jumat itu adalah hari terakhir pengumpulan ke rektorat (meskipun sebenernya deadline pengumpulan ke Dikti masih ada beberapa hari lagi) dan nyaris semua fotocopian di Bara penuh sama anak-anak yg mau ngejilid (sumpah! ini anak IPB deadliner semua dah! haha). Bagian jilid menjilid, abang Igoy yg ngurus.

Selama bulan Oktober-Januari 2011, kegiatan per-PKM-an kosong. Kita sudah nyaris lupa kalo kita pernah masukin proposal. Dan tiba-tiba, jrengggggg! Januari akhir Rizki (ketua tim) ngsms kita dan nyuruh kita buat siap-siap berangkat PIMNAS! hahaha. Padahal itu baru pengumuman kalo proposal kita diterima. Alhamdulillah..

Nah sejak saat itu sampai bulan Juni pertengahan, kita bener-bener kerja keras dari ngerancang mesin sampai ngebuat dan uji coba plus monev-monev dari departemen-fakultas-ipb-dikti *fiuhhhh, lap keringat. Selama 5 bulan itu, kita yang lagi penelitian dan kuliah (aku, Rizki, Adhi, Igoy) + ujiannya (buat Ina) bener-bener kebantu banget sama dosen pembimbing PKM kita, Bu Lenny. Huaaaaaaaa, beruntung banget deh bisa dibimbing sama Bu Lenny. Dosen muda yang enerjik, perhatian dan helpfull. :')
Diskusi tiada batas
Di bengkel, sok serius si itu, tau kalo mau difoto, haha
Uji coba di rumah Bu Yayah, Ciherang Pondok

Akhirnya, pengumuman itu datang juga. Dan kelompok kita berhasil masuk PIMNAS!! Alhamdulillah ya Allah.. Kejutannya g cuma sampe situ. TEP bener-bener keren. 4 dari 5 tim PKMT IPB yang masuk PIMNAS itu timnya anak TEP. Fufufuu.. Dan dari Fateta, ada tambahan 3 tim lagi (kalo g salah) dengan bidang yang beda. Dari situ sebenernya kita agak dimanjakan oleh Departemen dan Fakultas. Kita dikasih ruangan untuk latihan presentasi. Dikasih kaos PIMNAS. Wow! Jadinya makin termotivasi nih buat ngasih yang terbaik! :D
Selama karantina PIMNAS oleh IPB
Tanggal 16 Juli, tepat 3 hari sebelum penelitian aku berakhir (haha, sorry kak jadi ninggalin penelitian deh :p), tim PKM IPB berangkat ke Jogja dengan 4 bis. Lumayan lah bisnya kalo g mau dibilang lumanyun. Dilepas sama Pak Herry dan dosen-dosen yang sialnya aku malah jatuh di depan para dosen-dosen itu. Tengsin abis bo! Mana sakit lagi, lukanya lumayan gede :'(, walhasil sepanjang jalan celana harus diangkat sampe ke lutut biar g makin ngegores lukanya, hiks..

Pas di Jogja, pembukaan PIMNAS kita bisa dibilang g ikut. Haha. Bukan kabur kok, tp nyari ruang kelas tempat kita bakalan presentasi. Tapi akhirnya aku dan Ina ikutan juga.

Metode penentuan giliran presentasi pkm waktu itu gbisa ditebak. Sistemnya pake undian otomatis. Dan subhanallahnya kita dapat kesempatan di hari pertama, setelah tim PKMT IPB juga, timnya Asep-Matrix.
Di depan lambang PIMNAS XXVI
Ada untungnya juga sih kita dapat urutan di hari pertama, jadinya malemnya bukannya persiapan buat dekor stand pameran poster, kita malah ngluyur ke kota Jogja dan numpang mobilnya dosen UMY. Hahaha. Alhamdulillah kesekian kalinya. Niat hati mau pamer ke timnya Angga yang belum presentasi eh malah kita yang dibuat shock sama mereka. Ternyata mereka lebih gerak cepet dari kita. Hahhaha. Udah pada belanja aja bocah-bocah itu. Karena si Liba (salah satu anggotanya bakal cabut duluan ke Bali besok harinya si, hehe). Makan di angkringan, foto-foto g jelas di pinggir jalan, muterin alun-alun Kidul dan pulang jam 11.30an.
Sebelum presentasi
Stand posternya, kece kan? :D
Besoknya, setelah persiapan buat stand pameran poster beres, tim aku dan timnya Angga cabut lagi ke Jogja. Hahaha. Emang g bisa diem bocah-bocah ini! Tujuan kali ini ke alun-alun Lor. nyobain jalan ngelewatin 2 pohon beringin kembar dengan mata tertutup, minum wedang ronde, naik becak hias, makan nasi kucing, dan pulangnya masih aja nongkrong dulu di warkop dekat Unires sampe jam 1.30. Hahaha.
Angga lagi nyoba ngelewatin pohon beringin kembar dengan mata tertutup
Naik odong-odong :D
Presentasi poster berjalan lancar dengan Ina dan Igoy sebagai penjaganya (karena aku-Rizki-Adhi sudah jadi presenter pas presentasi), so kita dan Bu Lenny malah iseng naik mobil listriknya UGM, liat-liat stand universitas, belanja, makan dan foto-foto *teteup! :D

Naik mobil listriknya UGM
Malemnya adalah malam puncak penutupan PIMNAS XXVI sekaligus pengumuman pemenang PIMNAS. Semua orang deg-degan. Dari mahasiswa-dosen sampe tim pendukungnya!
Suasana malam penutupan
Pose sebelum pengumuman
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, tim PKMT Mesin Pemisah Salut Biji Pala dengan Kapasitas Tinggi yang Aman dan Nyaman berhasil nyumbangin 1 medali emas buat IPB. Tapi sayangnya IPB masih jadi juara 2. Semoga di PIMNAS XXVII IPB yang jadi JUARA UMUMNY! ^_^, aamiin

Pengalaman ini g bakalan aku lupain. Dari jaman bikin proposal, bolak-balik bengkel, ke Ciherang buat uji coba, bikin jurnal, konsultasi, monev, puter otak biar duitnya cukup (g pake korupsi loh ini, beneran deh), bela-belain makan nunggu sore biar murah habis panas-panasan dari uji coba/survey pala. Will be missing you all :')

Selain itu, pala ini ngasih banyak kejutan selain PIMNAS. Dari mulai Tri-U, juara 2 Tanoto Student Research Award, dan yang terakhir tanggal 23 ini kita bakal berangkat ke Jakarta buat ngelanjutin Tanoto ini. G tau deh bakalan ngapain. Belum dapat cerita lengkapnya. Wish us luck yaa ;)

Tim Matrix bersama dosen pembimbingnya, Pak Radite - Juara 1 PKMT-3 Presentasi 
Tim super hebat kita :D bersama Bu Lenny yang keren
Terima kasih Ibu ^_^
Tim PKMT TEP
Para ketua tim PKM IPB yang dapat juara 1-2-3
Holiday before going back to Bogor, Flying without wings at Candi Prambanan
Pala, ^_^

2 komentar:

...

Makasi sudah mau membaca..^^