Minggu, 30 Desember 2012

Refleksi 2012

Sekarang masih tanggal 30 Desember sih, masih ada 34 jam lagi sebelum 2013 benar-benar datang. Gw pengen mengabadikan apa-apa yg ada d otak gw saat ini. :D

Gw pengen ngopy beberapa bagian dari hidup gw yang pernah gw alamin d tahun 2012 ini. Tahun keempat gw jadi mahasiswa S1 IPB.
Gw ngerasa tahun ini tahun yang istimwa banget. Banyak kejadian luar biasa yang sudah terjadi, here the story, kekeke

  1. Proposal Penelitian (edisi 1) - akhir Januari 2012
    Sebenarnya gw sudah mulai bikin proposal penelitian gw ini mulai Desember 2011, tapi baru disetujui Januari 2012 ketika gw lagi ada d rumah Situbondo. Hohoho. Kenapa ada tulisan "edisi 1"? Nanti aja gw ceritain. Sejarahnya cukup bikin megap-megap :p
  2. PKM-T terdanai - awal Februari 2012
    WOW!!! It was amazing! Gw yang sudah mulai bikin-bikin PKM dari tahun kedua gw d IPB baru ngerasain gimana sih sensasinya kalo PKM kita didanai sama DIKTI?! Nah, gw dan kelompok gw (Rizki, Adhi, Ina dan Igoy) dapat kesempatan buat ngerasain hal itu di bidang penerapan teknologi. Kita yang ngajuin judul "Mesin Pemisah Salut Biji Pala dengan Kapasitas Tinggi yang Aman dan Nyaman" didanai 6.050.000 dari anggaran awal yang kita ajuin 7.000.000. Alhamdulillah, meskipun kita harus puter otak buat nyukup-nyukupin uang ini.
  3. AISCT 2012 - pertengahan Maret 2012
    AISCT - Annual Indonesia Scholar Conference in Taiwan diadakan tgl 17-19 Maret 2012 di kota Hsinchu, Taiwan, tepatnya di Universitas Chung Hwa. Gw setim sama teman sedepartemen gw ngajuin tema tentang pertanian presisi. Cerita tentang ini mungkin bisa dibaca lebih lengkap di sini dan 5 postingan setelahnya :)
    Waktu di ruang presentasi chapter Agriculture
  4. Proposal Penelitian (edisi 2 - FIX!) - akhir Mei 2012
    Nah! Setelah gw bikin proposal penelitian dan disetujui, wajar toh kalo gw mulai persiapan nyari-nyari apa-apa yang gw perluin buat penelitian gw. Dari bahan sampe ke labnya. Gw yang ngajuin tentang packaging belimbing sudah sempat muter-muter Bogor-Depok buat nyari belimbing dewa yang kita mau. Tapi tepat 8 harian sebelum gw mau mulai, pembimbing gw manggil gw dan nyuruh gw buat ganti topik penelitian dan bahannya make mangga gedong gincu. WOW! Itu berarti gw harus mulai semuanya dari awal. Dari bikin proposal lagi, nyari link untuk dapetin bahan sampe ke urusan lab.
  5. Penelitian - pertengahan Juni-Juli 2012
    Hahaha, Perjuangan banget dah penelitian gw ini. Dari gw dipanggil dosen koordinator sarjana gara-gara proposal, dapet mangganya jauh, banyaknya sampel yang harus diuji, harus ngerjain penelitian ini berdua sama Kak Dani, partner S2 gw yang sepenelitian gara-gara dosen penanggung jawab lab gw ganti dengan dosen yang baru pulang dari Belanda dan sangat strict dengan aturan penelitian di lab. Huaaaaaaaa!!
  6. PIMNAS XXI - pertengahan Juli
    Jalan menuju PIMNAS ini g gampang. Kita berlima harus bolak-balik diskusi, ke bengkel buat bikin mesinnya, ke Ciherang buat nguji mesinnya, monev, latian, laporan, dan tetek bengek lainnya. Alhamdulillah dari departmenen gw, Teknik Mesin dan Biosistem, 4 tim PKMT lolos k PIMNAS dan  bisa nyumbangin 3 medali emas buat IPB. Sebelum berangkat PIMNAS, gw sempat galau. Masalahnya waktu keberangkatannya itu tepat 3 hari sebelum penelitian gw beres. Untungnya patner gw mau ngerti dan mau ngerjain sisanya sendirian. Hahaha. Thanks kak :D

    Ki-ka : Bu Lenny (our supervisor), Ina, me, Rizki (the leader), Adhi, Igoy
  7. The 19th Tri University Joint Seminar and Symposium - akhir Oktober 2012
    Yeah! My second opportunity to joint international conference in my bachelor life >.<!!
    Gw awalnya g nyangka bisa jadi bagian dari delegasi IPB untuk Tri-U ini. Gw disini posisinya mengantikan temen gw, si Igoy yang ngundurin diri di tengah-tengah perjalanan persiapan para delegasi menghadapi even ini. Meskipun gitu, gw enjoy banget dan seneeeeeeeeeng banget bisa jadi bagian dari keluarga besar Tri-U. Gw dapet temen-temen baru dari IPB sendiri, deket sama beberapa dosen yang sebelum gw ikut Tri-U keliatan sangar, ketemu dengan teman-teman dari Australia, Thailand, Jepang, Cina, Vietnam. Thank yoouuuuuuuuuuu *^_^*
    My great "Fantastic 4" workshop team
    ki-ka: Azzam (IPB), Golf & May (Chiang Rai -Thai), Li Meng & Yu & Xiaoling (Jiangsu Univ-China), Shogo (Mie Univ-Japan), Baibua (Chiang Mai-Thai), me & Ayu (IPB), Kento (Mie, the leader), Thalita, Aing (Chiang Mai), Amalia
  8. Touring with PSDMS - awal Desember 2012
    Ini mah jalan-jalan aja.. Aku, Atikah, Mustain dan Vitor mutusin buat jalan-jalan ke Bandung, naik motor, 2 hari. Hahaha. Jalan-jalan yang termasuk dadakan ini dimulai tanggal 5 Desember jam 4 subuh. Kita sempat mampir ke Masjid At-Ta'awun puncak, pemandian air panas Ciater Subang, ITB, bukit bintangnya Bandung, Ci-walk, kawah putih. :D
    Ki-ka : Vitor, me, Atikah, Mustain
  9. Sidang Akhir Sarjana - pertengahan Desember 2012
    Akhirnya, setelah nyaris 4,5 tahun jadi mahasiswa IPB, gw sidang juga. Hahahha. Tanggal 18 Desember 2012 jam 10 - 11.30 di ruang sidang TMB dengan dosen penguji Pak Wawan dan Pak Aris. Sebenernya g ada masalah berarti selama sidang, cuman gara-gara grogi jadinya jawabnya kesendat-sendat. Kekekeke. #fiuhhhh..
    ki-ka : Mbak Yun, Mustain, me, Atikah, Arum Puspa, Vitor

Yep! Itu beberapa kejadian yang gw alamin d taun ini. Hehehe. Alhamdulillah.. Makasih Ya Allah atas karuniamu. Nanti kalo gw g males, gw rinci deh cerita-cerita di atas jadi masing-masing postingan khusus. :D :D :D

2 komentar:

...

Makasi sudah mau membaca..^^