Sabtu, 17 April 2010

RACEL 2010

Red’s Academy of Entrepreneurship and Leadership
Lembar Panduan Peserta

Pendahuluan
Setiap program yang diadakan di Institut Pertanian Bogor haruslah memiliki tata cara dan prosedur yang baik agar tidak terjadi kesalahpahaman baik antara pelaksana maupun peserta program. Untuk memperjelas mengenai program RACEL ini makan dibuatlah lembar panduan peserta RACEL 2010 agar terbentuk kesamaan persepsi antara tim pelaksana dengan peserta.

Latar Belakang Program
Mahasiswa merupakan agen perubahan yang diharapkan dapat menjawab tantangan zaman dengan hadir sebagai calon pemimpin dan wirausahawan muda yang akan membangun Indonesia. Untuk itulah BEM FATETA Kabinet Merah Saga mencetuskan terbentuknya suatu program Kewirausahaan dan Kepemimpinan bagi Mahasiswa Fateta yang diberi nama RACEL (Red’s Academy of Entrepreneurship and Leadership) sebagai langkah persiapan menuju perubahan tersebut. Diharapkan program ini bisa memfasilitasi pembinaan mahasiswa Fateta untuk menjadi wirausaha yang memiliki daya saing tinggi serta menjadi pemimpin yang berintegritas dan bisa membawa perubahan.

Deskripsi Singkat Program
RACEL atau Red’s Academy of Entrepreneurship and Leadership adalah salah satu program kerja unggulan BEM Fateta Kabinet Merah Saga. Program yang bergerak di bidang pengembangan jiwa kepemimpinan dan semangat kewirausahaan ini akan berlangsung sejak Maret sampai Oktober 2010. Dua bulan pertama akan diisi dalam bentuk kegiatan indoor berisi talkshow dan workshop mengenai materi-materi yang umum diperlukan. Selanjutnya, peserta tetap RACEL akan dijuruskan dalam bidang Entrepreneurship maupun Leadership sesuai dengan kepentingan dan minat peserta.
Peserta tetap bagi program RACEL ini adalah mahasiswa FATETA angkatan 44, 45 dan 46. Sedangkan peserta dari luar FATETA dipersilahkan untuk mengikuti setiap kegiatan RACEL sebagai peserta tidak tetap atau tamu. Sebanyak 40 peserta tetap akan dipilih melalui seleksi wawancara dan program beasiswa dari Departemen Advokasi BEM Fateta Kabinet Merah Saga.
Terdapat dua bidang utama dalam akademi ini. Pertama adalah bidang entrepreneurship dimana peserta akan mendapatkan ilmu dan motivasi untuk mengembangkan minat kewirausaha-annya. Program di bidang entrepreneurship ini berisi kegiatan pengenalan, pengembangan motivasi dan kunjungan industri kewirausahaan. Sedangkan bidang kedua adalah leadership yang bertujuan untuk mengenalkan lebih dalam dan membangun sema-ngat kepemimpinan peserta. Program di bidang ini akan fokus kepada pelatihan dan pengembangan jiwa kepemimpinan pribadi dan kelompok.

Silabus Program
(Terlampir)

Penutup
Demikianlah lembar panduan peserta ini disusun agar bisa dipahami sebaik-baiknya.

(Copied from
http://www.pikadita.co.cc/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

...

Makasi sudah mau membaca..^^